Analisis Uji Kualitas Bakteriologis Air Minum Isi Ulang (AMIU) Menggunakan Metode MPN Pada Pengolahan Air Sistem Reverse Osmosis (RO) dan Sistem Ultra Violet (UV).

Authors

  • Victoria Ire Tominik DIV Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Margareta Haiti DIV Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Mustika Sari H. Hutabarat DIV Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan

Abstract

Air sangat penting karena dapat mempengaruhi sejumlah aktivitas vital yang dilakukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Tingginya permintaan terhadap air minum isi ulang (AMIU) oleh banyak rumah tangga menyebabkan banyaknya kegiatan penjualan air minum isi ulang bermunculan dan harganya yang dirasakan dapat menjangkau kalangan ekonomi kelas menengah kebawah namun tidak semua depot air minum memberikan jaminan kualitas yang baik terhadap produk yang dihasilkannya, terutama dari ancaman kontaminasi mikrobiologi yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada saluran pencernaan seperti diare. Dinas Kesehatan Kota Palembang menyebutkan bahwa kasus penyakit diare termasuk salah satu dari lima besar penyakit setelah ISPA. BPOM menyatakan bahwa tingginya kasus keracunan penyebab minuman, kemungkinan disebabkan oleh bakteri coliform.Desain penelitian yang digunakan adalah observasional komparasi analitik dengan desain crossectional. Jumlah Populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi ada 18 depot dan sampel yang digunakan 6 depot AMIU meliputi 3 depot menggunakan sistem reverse osmosis (RO) dan 3 depot sistem ultra violet (UV). Pemeriksaan bakteriologi menggunakan metode MPN pada pengolahan sistem sistem RO dan UV. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kepercayaan 95%. Uji Wilcoxon Sign Rank Test. RO dengan nilai (sig 2-tailed) : 0,002 < 0,005 artinya pengolahan air yang menggunakan sistem RO sebelum dan sesudah ada beda. Pada pengolahan air dengan sistem UV didapatkan hasil nilai (sig 2-tailed) : 0,028
> 0,005 artinya pengolahan air yang menggunakan sistem UV sebelum dan sesudah tidak ada beda. air minum yang diolah menggunakan sistem reverse osmosis (RO) memiliki kualitas lebih baik bila dibandingkan dengan sistem ultra violet (UV).
Saran : Diharapkan untuk lebih teliti membeli dan menggunakan air minum isi ulang terutama yang menggunakan sistem Ultra Violet (UV).

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Victoria Ire Tominik, Margareta Haiti, & Mustika Sari H. Hutabarat. (2021). Analisis Uji Kualitas Bakteriologis Air Minum Isi Ulang (AMIU) Menggunakan Metode MPN Pada Pengolahan Air Sistem Reverse Osmosis (RO) dan Sistem Ultra Violet (UV). Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 1(1), 22-24. Retrieved from http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/joh/article/view/98