Analisis Kesiapan Penerimaan Pengguna Terhadap E-Learning Menggunakan Model TRAM

  • Sri Andayani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Rosalia Sonia Ono

Abstract

Perkembangan teknologi pada dunia pendidikan ditandai dengan diimplementasikannya e-learning sebagai sarana pembelajaran. E-learning sebagai aplikasi teknologi pendidikan layak untuk dimanfaatkan lebih lanjut oleh pihak sekolah/perguruan tinggi karena keberadaanya merupakan sebuah inovasi baru dalam membantu pembelajaran peserta didiknya. Penerapan e-learning tentunya harus diikuti oleh kesiapan penerimaan teknologi oleh seluruh sivitas akademik. Kesiapan penerimaan penggunaan teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai kesediaan pengguna menggunakan teknologi informasi untuk mendukung tugas yang telah dirancang. Untuk dapat melihat kesiapan penerimaan teknologi saat ini dapat menggunakan kedua model yang dikembangkan yaitu Technology Readiness (TR) dan Technology Acceptance Model (TAM) yang digunakan secara bersamaan yaitu Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM). Model TR dan TAM apabila diintegrasikan akan menghasilkan sebuah penjelasan tentang niat atau keinginan pengguna dalam menggunakan teknologi. Hasil dari penelitian ini adalah hanya variabel discomfort yang berpengaruh signifikan terhadap perceived usefullness sedangan variabel lain tidak berpengaruh secara signifikan.

Published
Jul 30, 2020
How to Cite
ANDAYANI, Sri; ONO, Rosalia Sonia. Analisis Kesiapan Penerimaan Pengguna Terhadap E-Learning Menggunakan Model TRAM. JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-39, july 2020. ISSN 2579-5570. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JUTSI/article/view/684>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/jusitik.v3i2.684.