Analisis Pemanfaatan Akun Bisnis Instagram dalam Peningkatan Penjualan pada Gerai XYZ.Co

  • Rika Kharlina Ekawati STMIK GI MDP

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pemanfaatan Instagram sebagai media sosial yang saat ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Instagram telah menambah fitur layanannya yang memungkinkan penggunanya dapat mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis untuk layanan bagi pelaku bisnis agar dapat mempromosikan produknya. Hal ini juga yang mendasari Gerai XYZ.Co yang telah mengaktifkan fitur akun bisnis Instagram untuk dapat memasarkan produknya dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Pemanfaatan akun bisnis melalui fitur Insight pada Instagram sangat membantu Gerai XYZ.Co untuk melihat dan memantau aktivitas dan informasi detail dari para pengikutnya, pertumbuhan follower Instagram, informasi postingan produk yang paling disukai oleh pengguna Instagram, sampai media promosi yang ditawarkan oleh Instagram dengan waktu promosi dan radius jarak konsumen yang dapat dijangkau oleh penggunanya. Dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif, diperoleh data bahwa dari pemanfaatan fitur akun bisnis Instagram ini, Gerai XYZ telah membukukan transaksi penjualan yang meningkat per periode, dimulai dari bulan Oktober 2019 sampai bulan April 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan jumlah transaksi per periodenya yang disusul oleh penjualan yang terus mengalami kenaikan selama periode penelitian.

Published
Jul 30, 2020
How to Cite
EKAWATI, Rika Kharlina. Analisis Pemanfaatan Akun Bisnis Instagram dalam Peningkatan Penjualan pada Gerai XYZ.Co. JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 23-31, july 2020. ISSN 2579-5570. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JUTSI/article/view/683>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/jusitik.v3i2.683.