Evaluasi Usability Pada Desain E-Learning Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough

  • Febrian Alexander
  • Maria Bellaniar Ismiati

Abstract

Penelitian ini melakukan kajian mengevaluasi usability desain E-Learning Program Studi Sistem Informasi UKMC. Pengukuran menggunakan tiga parameter usability yaitu efisiensi, efektifitas, dan kepuasan, pengukuran kepuasan menggunakan System Usability Scale (SUS). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang pengguna E-Learning Sistem Informasi dan pengujian dalam penelitian ini menggunakan software OBS (Open Broadcaster Software). Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah pada bagian menu dropbox diperlukan perbaikan yaitu validasi data terkirim dan diperlukan maintenance dari dokeos.

Published
Jan 31, 2020
How to Cite
ALEXANDER, Febrian; ISMIATI, Maria Bellaniar. Evaluasi Usability Pada Desain E-Learning Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough. JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, jan. 2020. ISSN 2579-5570. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JUTSI/article/view/632>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.632.