Penggunaan Model DELONE Dan MCLEAN Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi GO-JEK Di Palembang

  • Erwin Erwin
  • Andri Wijaya

Abstract

Aplikasi go-jek merupakan salah satu aplikasi transportasi online karya anak bangsa yang telah banyak menimbulkan fenomena-fenomena sejak pertama kali diluncurkan. Berdasarkan “8 Catatan Seru Kilas Balik Go-Jek 2018” dapat dilihat fenomena yang terjadi, hal ini menunjukan peran penting dari aplikasi Go-Jek, baik dalam mendukung perkembangan Go-Jek maupun dalam memudahkan masyarakat untuk menggunakan jasa Go-Jek. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengukur secara ilmiah kesuksesan aplikasi Go-Jek dengan menggunakan Information System Success Model (ISSM) yang dikemukakan oleh DeLone dan McLean. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel penelitian sebesar 100 orang melalui kuesioner untuk mendapatkan data penelitian yang akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan hasil penelitian dari 12 hipotesis yang dirumuskan, 9 hipotesis terbukti signifikan hal ini membuat aplikasi go-jek dapat dikategorikan sistem yang baik. Sedangkan 3 hipotesis lainnya tidak signifikan, yang berarti pengguna aplikasi go-jek di kalangan masyarakat palembang menganggap kualitas informasi dan kualitas sistem yang ada pada aplikasi go-jek tidak mempengaruhi kepuasan yang mereka harapkan serta kualitas sistem tidak menjadi penilaian mereka dalam menggunakan aplikasi go-jek.

Published
Dec 31, 2019
How to Cite
ERWIN, Erwin; WIJAYA, Andri. Penggunaan Model DELONE Dan MCLEAN Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi GO-JEK Di Palembang. JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 9-17, dec. 2019. ISSN 2579-5570. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JUTSI/article/view/624>. Date accessed: 20 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.624.
Warning: array_merge(): Argument #2 is not an array in /home/ojs/public_web/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 578 Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/ojs/public_web/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114