Penggunaan Extreme Programming Untuk Rancang Bangun Aplikasi Sekretariat Paroki (Studi Kasus Pada Gereja Katolik Santo Petrus Palembang)

  • Stefanus Setyo Wibagso

Abstract

Sebagai bagian dari organisasi Gereja Katolik, sekretariat Paroki mempunyai peran penting didalam mendata informasi yang berkaitan dengan umat Paroki karena pekerjaannya sangat membantu dan mendukung tugas Pastor Paroki didalam mengelola administrasi Gereja. Dalam pelaksanaannya di Gereja Katolik Paroki Santo Petrus Palembang, petugas sekretariat menghadapi beberapa permasalahan dikarenakan aplikasi yang digunakan hanya mampu mengolah satu kegiatan saja yaitu mendokumentasikan data Sakramen Baptis. Sementara untuk pengolahan data lainnya masih dilakukan secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi yang melengkapi kekurangan dari aplikasi yang telah ada. Untuk menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan maka dibutuhkan metode didalam proses perancangannya. Metode Extreme Programming menjadi pilihan dalam perancangan ini dikarenakan cocok untuk digunakan dalam perancangan aplikasi berskala kecil.


Kata Kunci— Aplikasi Sekretariat Paroki, Gereja Katolik, Extreme Programming

Published
Jan 31, 2020
How to Cite
WIBAGSO, Stefanus Setyo. Penggunaan Extreme Programming Untuk Rancang Bangun Aplikasi Sekretariat Paroki (Studi Kasus Pada Gereja Katolik Santo Petrus Palembang). JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 24-30, jan. 2020. ISSN 2579-5570. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JUTSI/article/view/598>. Date accessed: 28 feb. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.598.