Peningkatan Kualitas Layanan Konsumen Dengan Metode Servqual Dan Quality Function Deployment

  • Chistofora Desi Kusmindari Universitas Bina Darma

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah  peningkatan kualitas layanan konsumen CV. Sinar Jaya Agung dengan metode servqual dan  quality function deployment dengan tujuan untuk mengetahui persepsi konsumen dengan metode servqual, untuk menentukan nilai gap servqual antara persepsi dan harapan konsumen, dan untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan menggunakan metode quality function deployment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai customer satisfaction performancemaka semakin tinggi pula tingkat persepsi konsumen terhadap atribut oleh responden, nilai gap servqual diperoleh nilai tertinggi sebesar 0,35 pada atribut karyawan memiliki kompetensi dan profesional dalam melayani pelanggan. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kualitas layanan konsumen yang diberikan sudah bisa dikatakan baik. Hasil pengujian quality function deployment  menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka perusahaan harus melakukan beberapa perbaikan, antara lain: lokasi perusahaan harus mudah dijangkau oleh konsumen, penyediaan checklist pembersihan, pemberian pelatihan rutin kepada karyawan,  serta  service yang baik dari karyawan pada konsumen. 

Published
Oct 23, 2019
How to Cite
KUSMINDARI, Chistofora Desi. Peningkatan Kualitas Layanan Konsumen Dengan Metode Servqual Dan Quality Function Deployment. SAINTEK: Jurnal ilmiah Sains dan Teknologi Industri, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 60-69, oct. 2019. ISSN 2597-8586. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JSTI/article/view/596>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/saintek.v3i2.596.