Analisis Biomekanika Pada Postur dan Gerak Tubuh Operator Book LiftGuna MengidentifikasiRisk ofMusculoskeletal Disorders

  • Alex Alfandianto Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Margaretta Hernita Erni Dwi Putri Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

Manual Material Handling (MMH) dinyatakan sebagai seni dan ilmu yang meliputi penanganan, pemindahan, pengepakan, penyimpanan dan pengawasan. Dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi oleh operator pengangkat buku adalah kurang memperhatikan resiko gangguan cedera tulang belakang, sebaiknya operator harus memperhatikan tingkat keselamatan dan kesehatan kerja, guna mengetahui faktor-faktor bahaya biomekanika, serta aktivitas MMH yang membahayakan maupun menimbulkan rasa sakit pada operator. Pengamatan difokuskan pada operator pengangkat satu ikat buku di Laboratorium APK, yaitu pada bagian memindahkan buku langsung dari lantai menuju sudut inklinasi perut atau lokasi tujuan yang telah ditentukan dengan berat buku 8 kg. Identifikasi studi kasus ini menggunakan pendekatan biomekanika untuk mengetahui gaya tekan pada sudut inklinasi. Hasil perolehan gaya tekan sudut inklinasi pada HA adalah sebesar -22572,3 dan pada AA sebesar -29972,9 N terhadap standar acuan kompresi L5/S1 ketentuan nilai perbandingan harus dibawah 3400 N, agar diperoleh kategori operator yang aman. Sehingga hasil perbandingan tersebut mempunyai relasi atau sinopsis postur dan gerak tubuh operator tergolong kategori aman atau tidak terjadi Risk ofMusculoskeletal Disorders.

Published
Jan 24, 2018
How to Cite
ALFANDIANTO, Alex; PUTRI, Margaretta Hernita Erni Dwi. Analisis Biomekanika Pada Postur dan Gerak Tubuh Operator Book LiftGuna MengidentifikasiRisk ofMusculoskeletal Disorders. SAINTEK: Jurnal ilmiah Sains dan Teknologi Industri, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 95-105, jan. 2018. ISSN 2597-8586. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JSTI/article/view/242>. Date accessed: 31 may 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/saintek.v1i2.242.