PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODUL CALISTUNG BAGI KELOMPOK BELAJAR LPM SRIWIJAYA/YAYASAN BUDI ASIH SUMATERA SELATAN

  • Ignasius Putera Setiahati PGSD UKMC

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Katolik Musi Charitas bekerjasama dengan Yayasan Budi Asih Palembang yang bergerak dalam bidang pendidikan berbasis kemasyarakatan. Yayasan ini memberikan bimbingan keterampilan belajar calistung bagi anak-anak di wilayah Baturaja dan Banyuasin. Kerjasama berlangsung dan berkesinambungan selama 3 (tiga) tahun sampai pada tahap untuk bisa menghasilkan buku modul calistung yang dapat digunakan dalam kelompok belajar yang ada di LPM Sriwijaya/Yayasan Budi Asih Sumatera Selatan. Pengabdian kepada masyarakat sebelumnya tim dosen telah menindaklanjuti dengan merancang dan mengerjakan untuk pembuatan draft modul calistung melalui Pendampingan Pembuatan Draft Modul Calistung Untuk Tutor di LPM Sriwijaya/Yayasan Budi Asih Sumatera Selatan pada tanggal 1 – 2 September 2018.


Berdasarkan pengabdian sebelumnya, diperoleh draft dari kegiatan pendampingan tersebut. Draft tersebut merupakan draft modul calistung dan modul matematika kelas rendah. Draft tersebut didapat berdasarkan hasil kerjasama antara tutor di LPM Sriwijaya dengan tim dosen PGSD Universitas Katolik Musi Charitas. Hasil draft tersebut telah selesai dikerjakan oleh tutor dan sekarang langkah pengabdian sekarang untuk memfinalisasi salah satu dari kedua draft tersebut yaitu draft modul calistung. Melalui proses finalisasi draft diperoleh hasil dalam bentuk modul calistung yang lengkap dari isi materi tentang calistung. Modul ini kedepannya akan digunakan oleh tutor LPM Sriwijaya bagi seluruh kelompok belajar yang ada di LPM Sriwijaya/Yayasan Budi Asih Sumatera Selatan. Proses finalisasi dilakukan oleh tim dosen Program Studi PGSD berdasarkan draft yang sudah dikerjakan oleh tutor.


            Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian ini berupa modul calistung. Modul yang sudah final akan dicetak oleh pihak LPM Sriwijaya/Yayasan Budi Asih Sumatera Selatan. Modul ini juga bermanfaat bagi seluruh kelompok belajar yang mengalami kesulitan berkaitan dengan calistung khususnya bagi anak-anak yang belum lancer membaca, menulis, dan berhitung. Modul calistung yang dihasilkan ini menjadi jawaban atas kebutuhan tutor karena modul ini telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi anak-anak dampingan yang ada di LPM Sriwijaya/Yayasan Budi Asih Sumatera Selatan. Modul yang telah final/direvisi oleh tim dosen akan dicetak dan didistribusikan kepada masing-masing tutor dibeberapa wilayah pendampingan, dan terbuka juga untuk dipakai oleh kelompok belajar yang lain dengan seizin dari tim dosen Program Studi PGSD Universitas Katolik Musi Charitas dan pihak LPM Sriwijaya/Yayasan Budi Asih Sumatera Selatan.

Published
Jan 30, 2020
How to Cite
PUTERA SETIAHATI, Ignasius. PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODUL CALISTUNG BAGI KELOMPOK BELAJAR LPM SRIWIJAYA/YAYASAN BUDI ASIH SUMATERA SELATAN. Jurnal Abdimas Musi Charitas, [S.l.], v. 3, n. 2, jan. 2020. ISSN 2615-2991. Available at: <http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JPM/article/view/561>. Date accessed: 18 feb. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32524/jamc.v3i2.561.